[prisna-google-website-translator]

Sekilas Ekstra Jurnalistik MAN Kota Blitar

Jurnalistik adalah salah satu dari banyak nya ekstrakulikuler yang ada di MAN Kota Blitar. Dalam ekstrakulikuler ini dibagi menjadi 4 divisi. Diantaranya adalah Divisi Broadcast , Divisi Reportasi , Divisi Mading / majalah , Divisi Fotografi. Dengan adanya ekstrakulikuler jurnalistik ini akan sangat membantu para pelajar dalam mengasah kemampuan dan bakat mereka . Ekskul ini bisa juga dibilang ekskul yang dibutuhkan di setiap event di sekolah, misalnya adalah siswa yang berada di divisi Fotografi. Dia dibutuhkan untuk mencari   dokumen tentang sekolah berupa foto.  Dengan mengikuti ekskul jurnalistik siswa dapat belajar tentang hal yang berhubungan dengan pemotretan yang hasilnya bisa di share di berbagai sosial media. Dan ternyata,hal ini bisa dilakukan banyak pelajar,bahkan ada yang mampu memotret berbagai macam objek dengan hasil yang memuaskan dan hasilnya telah di posting di berbagai sosial media yang likers nya mencapai ribuan.

Disamping mengajari memotret, ekskul jurnalisitik juga melatih anak tampil lebih berani. Karena diantara materi jurnalistik adalah hunting berita. Dalam mencari berita anak harus berani wawancara dengan narasumber dari berbagai profesi. Di ekskul jurnalistik juga mengajari anak untuk lebih tanggap dengan apa yang terjadi di sekitarnya kemudia diabadikan dalam bentuk foto.

Ekstra jurnalistik di Madrasah kita yang tercinta ini ada beberapa divisi , diantaranya divi Broadcast , divisi Fotografi , divisi reportasi , dan divisi Mading / Majalah.

Yang pertama ada divisi Broadcast. Adalah salah satu divisi yang menguji skill kita untuk berbicara di depan umum (Public Speaking). Setelah bergabung dan aktif dalam kegiatan ini , diharapkan siswa mampu memanfaatkannya dalam hidup bermasyarakat nanti dan di dunia kerjanya nanti. Berbicara didepan umum bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh banyak orang , tapi saat mengikuti kegiatan Broadcasting ini tingkat kepercayaan diri siswa akan dilatih agar siswa dapat menunjukan jati diri nya yang sesungguhnya.

Yang kedua ada divisi Fotografi. Mencari info atau dokumen berupa foto sebagai bukti dari sebuah berita. Disini siswa dilatih untuk menangkap moment yang tidak bisa dilupakan untuk diabadikan sebagai foto yang bagus dengan angle yang menarik sehingga bisa disajikan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Tentunya semua itu tidak mudah jika kita tidak belajar dan menekuni nya, perlu lebih banyak pratek lapangan demi mengasah bakat yang dimiliki siswa.

Hampir sama dengan divisi Broadcast , yang ketiga ini ada divisi Repotasi. Yaitu mencari info berupa berita dan di divisi Reportasi juga membutuhkan skill untuk berbicara di keramaian untuk mewawancarai orang orang penting diluar sana. Di reportasi ini kita akan belajar mewawancarai orang-orang yang berpengalaman dalam hal apapun yang jawabannya bisa dijadikan info dan info itu akan disusun menjadi sebuah berita.

Dan yang selanjutnya ada divisi Mading. Dalam divisi ini kita membutuhkan tim kerja yang bagus,selain mencari dan menentukan materi apa yang akan dimuat,siswa juga dituntut untuk bisa menyajikan sebuah berita dengan sesuatu yang menarik dan kreatif. Sebuah tim harus mempunyai tujuan yang sama , kita boleh mempunyai saran atau pendapat yang berbeda tapi perbedaan itu bisa menjadikan sesuatu yang indah. Perbedaan pendapat atau ide yang muncul biasanya menjadi pokok permasalahan.

Untuk lebih jelasnya , lebih baik kalian gabung aja deh di ekstrakulikuler yang satu ini.. dijamin seru dan gak rugi deh.. Join with us in Ekstrakulikuler Jurnalistik dengan Bapak Nanang Arifin sebagai pembinanya setiap jum’at jam 13.00 WIB. Kehadiran kalian akan selalu kami tunggu ..

Pers Freedom is your Freedom…

Leave a Comment