Kartini masa kini di tengah pandemi

21 April, merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi kaum perempuan. RA Kartini lahir 21 April 1879, merupakan sosok pendobrak bagi kemerdekaan perempuan, RA Kartini memiliki keinginan untuk mendapatkan hak yang sama dengan kaum laki-laki dalam hal pendidikan. ¬†namun sayang keinginan tersebut harus kandas, namun semangat Kartini untuk memperjuangkan nasib perempuan, ia tuangkan dalam coretan tangan buah pemikiran Kartini tentang perempuan,yang saat ini di kenal dengan “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Perjuangan perempuan untuk menunjukkan peran dan eksistensinya terus bergulir seiring berjalannya waktu, Kartini masa kini memiliki peran penting di masa pandemi. Momen ini membuat peran Kartini masa kini semakin dibutuhkan untuk membantu kegiatan selama social distancing terhadap keluarga di rumah terutama mendampingi anak-anak belajar dari rumah, memastikan semua anggota keluarga dalam kondisi sehat dengan menjaga asupan gizi serta istirahat yang cukup, menciptakan berbagai kegiatan bermain bagi anak-anak agar tidak bosan di rumah, mengajarkan nilai-nilai agama dan sosial

Di masa pandemi, Kartini masa kini penting artinya untuk menggali potensi dan saling menguatkan agar menjadi inspirasi dan memberikan dampak yang luas bagi keluarga maupun masyarakat. Demikian pula dengan Guru,peran Ibu guru sebagai perwujudan Kartini- Kartini masa kini semakin mulia di tengah pandemi Covid-19. Dimana guru tidak hanya memastikan kelangsungan pembelajaran, tapi juga berperan lebih dalam mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan peserta didik. tidak hanya gigih bekerja sendiri, melainkan bergerak secara kolektif demi menemukan solusi atas tantangan untuk menghasilkan inovasi belajar mengajar yang bermakna dan menyenangkan.Kontribusi, sumbangsih, empati yang diberikan Kartini masa kini diharapkan menjadi penggerak perubahan baik di lingkungan sendiri maupun dalam lingkup yang lebih besar.

RA. Kartini

“SELAMAT HARI KARTINI”