Tentang Madrasah

1. Sejarah Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar

1.1 ERA Sekolah Persiapan IAIN atau dengan sebutan singkat SP-IAIN

Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar / MAN KOTA BLITAR (nama resmi institusi ini sekarang)  mengalami kemajuan yang sangat pesat seperti yang kita saksikan sekarang adalah bukan dari hasil sim-salabim, tetapi telah melewati perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Diawali sebuah ide agung dari Almarhum Bapak K.H.Thohir Widjaja (Almarhum tokoh masyarakat dan pengasuh Pondok Pesantren Kunir) yang pada saat itu menjabat sebagai ketua GUPPI Daerah Tingkat II Blitar bersama teman dekat beliau  Bapak Affandi Idhar sebagai Kepala Pendidikan  Agama Tk.II Blitar, ide mulia tersebut berupa pendirian sebuah MADRASAH yang dapat menampung keinginan banyak masyarakat muslim khususnya. Dimulai sejak tahun 1970, beliau mulai menggalang kerjasama yang erat dengan beberapa tokoh Islam lainnya guna mewujudkan gagasannya tersebut, akhirnya berdirilah SP-IAIN (Sekolah Persiapan IAIN) dengan Mukarom Muslimin sebagai kepala madrasah.

1.2 Era Madrasah Aliyah Negeri

MAN Blitar,itulah nama pertama kali sekolah ini, kemudian berganti MAN KODYA BLITAR dan kini MAN KOTA BLITAR sampai sekarang. Berdirinya MAN Kota Blitar atas kesepakatan dari sebagian besar pendiri madrasah ini diambil dari mulai pe-negeri-an SP.IAIN yaitu tanggal, 12 MEI 1970 yang kemudian resmi sebagai tanggal, bulan dan tahun berdirinya MAN KOTA BLITAR. Seiring berjalannya waktu, dan tuntutan jaman maka, mulai tahun pelajaran 1983/ 1984 MAN Kodya Blitar mulai menempati gedung sendiri di jalan jati gang X (Jalan Jati 78 Sukorejo Kota Blitar sekarang, dengan pintu utama gapura sendiri). 51th sudah sampai saat ini usia MAN Kota Blitar, sudah banyak perubahan dan prestasi yang di raih di setiap periode kepemimpinan Kepala Madrasah. Pada Tahun 2020/2021:

  1. Semua guru memiliki ijazah S_! dan atau telah tersertifikasi
  2. Setiap guru menguasai dan menggunakan model pembelajaran yang variatif
  3. Merintis penyelenggaraan Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan Di bidang tata busana, tata boga, kriya batik dan tata kecantikan.
  4. Menyediakan ma’had putra dan putri.
  5. Meningkatkan pembangungan fisik bangunan dan sarana prasarana pembelajaran.
  6. Memiliki LAB, untuk kegiatan ketrampilan.
  7. Memiliki LAB dan Perpus yang memdai.
  8. Membekali murid dengan ketrampilan sebagai bekal alternatif.
  9. Meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan

2. Visi Dan Misi MAN Kota Blitar

Visi “Unggul Dalam IMTAQ Dan IPTEK, Terampil Serta Berwawasan Lingkungan”

Misi:

1. Meningkatkan pengamalan nilai- nilai ajaran agama islam dalam kehidupan sehari- hari.

2. Mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah

3. Mengembangkan dakwah islamiyah

4. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik

5. Menumbuhkan minat baca dan tulis

6. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan arab

7. Meningkatkan pembelajaran berbasis multimedia dan ketrampilan

8. Menghasilkan peserta didik yang terampildalam bidang tata boga, tata busana, multimedia, batik, kecantikan dan menghafal Al-Quran

9. Menumbuhkan budaya peduli lingkungan

By: MAN Kota Blitar

Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar