Oleh: Drs. Ahmad Mukromin M.Pd ( Kepala MAN Kota Blitar) 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمدلله الذي انعم على المسلمين بنعمة الاسلام.أحمده سبحانه يدعو الى دار السلام.

اللهم صل وسلم على عبدك ورسولك محمد وعلى اله وصحبه اجمعين. أما بعد.

 

Bapak/Ibu Guru dan pegawai yang terhormat dan anak2ku siswa siswi kelas 10, 11 dan 12 yang berbahagia.

Marilah kita bersama sama mengucapakan Alhamdulillahi Robbil Alamiin, sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik serta hidayahNya sehingga pada kesempatan ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya

Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Kita Muhammad SAW yang telah membawa umat ke jalan kebenaran dan menuju kebahagiaan baik dunia maupu akherat.

 

Bapak/Ibu dan anak2ku yang dimuliakan Allah.

Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan puasa di bulan Romadlon tahun ini, semoga puasa kita  benar benar diterima oleh Allah dan dicatat sebagai amal sholih

Puasa yang kita laksanakan harus diikuti dengan iklhlas dan sabar , ikhlas dalam melaksanakan dan sabar dari semua godaan yang ada . Dan perlu diketahui bahwa ibadah puasa yang kita laksanakan ini mengandung keutamaan, faidah dan hikmah yang sangat besar. Dalam sebuah hadist di jelaskan :

ما من عبد يصوم يوما فى سبيل الله الا باعدالله بذلك اليوم وجهه عن النار سبعين خريفا

Artinya: Tidak ada seorang hamba yang melaksanakan puasa di satu hari karena Allah kecuali Allah ta’ala menjauhkan dia karena sehari itu dari neraka selama 70  tahun(HARI Bukhori dan Muslim dari Abu Huroiroh r.a )

Dari hadist diatas dapat dijelaskan bahwa seseorang yang berpuasa sehari saja dengan ikhlas dan sabar Allah akan menjauhkan dia dari api neraka selama 70 tahun itu menunjukkan bahwa puasa yang kita laksakan dengan ikhlas dan sabar akan digantikan oleh Allah dengan pahala yang sangat besar,bahkan dapat terhindar dari api neraka.

Dalam hadist lain Rosulullah bersabda

ان في الجنة بابا يقال له الريان يدخل منه الصاءمون يوما القيامة لا يدخل منه احد غيرهم يقال اين الصائمون ؟ فيقومون لا يدخل منه احد غيرهم فاذا دخلوا اغلق فلم يدخل منه احد

artinya sebenarnya ada pintu di surga yang dinamakan pintu royyan, yang dari pintu tersebut orang-orang yang berpuasa akan melewatinya untuk masuk kedalam surga di hari kiamat nanti. Tidak ada orang lain yang melewatinya, dan diucapkan mana orang-orang yang melaksanakan puasa.? Kemudian ahli puasa berdiri dan memasuki pintu royyan setelah semuanya masuk maka pintu di tutup dan tidak ada orang yang masuk lagi dari pintu itu (Muttafaqun Alaihi )

Dari hadist di atas jelas bahwa ibadah puasa adalah ibadah yang sangat istimewa sehingga Allah membuatkan pintu khusus yang di persiapkan untuk orang yang berpuasa, untuk masuk kedalam surganya Allah.

Sedangkan didunia ini puasa merupakan junnah atau benteng, yang membentengi hati dari godaan syaiton, maka marilah kita jaga puasa kita dengan benar artinya betul-betul kita niati dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya, kita bersihkan dari segala maksiat sehingga puasa kita menjadi puasa lahir batin, lahirnya tidak makan, minum dan yang membatalkan puasa dari fajar sampai tenggelamnnya matahari, sedangkan batinnya menjauhi dari keinginan untuk melaksakan maksiat seperti yang di sabdakan oleh nabi sebagai berikut :

والصيام جنة فاذا كان يوم صوم احدكم فلا يرفث ولا يصخب

Artinya: puasa itu benteng ,maka jika sudah datang waktu puasa jangan berkata jelek dan jangan berbuat maksiat ( H.R. Imam Bukhori )

Bapak ibu dan siswa siswi yang di muliakan Allah

Begitulah puasa yang harus kita laksakan ,kita harus bisa menjaga dan melaksakannya dengan benar, insyaalloh keutamaan,hikmah dan pahalanya puasa akan kita peroleh dengan sempurna. Kita akan memperoleh balasan pahala dari Allah SWT. tapi sebaliknya jika kita tidak dapat menahan hawa nafsu ,tidak mustakhil puasa kita hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga , seperti hadis berikut :

من لم يدع قول الزور والعمل به فليس لله حاجة فى ان يدع طعامه وشربه

Artinya: barang siapa yang tidak meninggalkan ucapan jelek dan amal jelek maka Alloh tidak membutuhkan  dia meninggalkan makan dan minum .(

Demikianlah ulasan  yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Aamiin….

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

By admin

3 thoughts on “Hikmah Puasa”
  1. Alhamdulillah sangat bermanfaat pak Haji… semoga Allah menerima ibadah puasa dan jariyah kita selama Bulan Ramadhan ini… Aamiin

  2. … Demikian memang, yang paling sulit dalam menjalankan puasa ini, kita diminta untuk menahan diri dari segala maksiat yang ditimbulkan oleh LISAN karena GHIBAH yang dapat menghanguskan PAHALA puasa kita, mari kita jaga dan jaga LISAN kita … semoga Allah SWT meridloi amal sholeh kita aamiin.

  3. Wa’alaikumsalam wr.wb.
    Terima kasih atas pencerahannya pak haji… insyaallah segala sesuatu yang bertujuan demi kebaikan dan dilakukan secara ikhlas, akan dicatat sebagai amalan kita di hari akhir serta mendapatkan ridho dari Allah SWT menuju Jannah-Nya. Aamiin yra …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.